Gatal-Gatal pada Kulit

Gatal-Gatal pada KulitGatal-gatal pada kulit adalah suatu kondisi gatal yang muncul pada kulit Anda yang menyebabkan tangan kita secara reflek langsung menggaruk. Dan jika penggarukan dilakukan dengan terus menerus maka akan menimbulkan kemerahan di kulit serta munculnya goresan didalam kulit Anda. Jadi, sebaiknya jangan menggaruk kulit yang gatal dengan terlalu berlebihan. Penggarukan yang dilakukan terus menerus akan membuat gatal semakin bertambah dan akan menyebabkan munculnya jaringan parut jika terlalu sering dan terlalu lama digaruk, selain itu juga akan membentuk suatu penebalan di kulit yang kadang akan membentuk suatu benjolan yang berisi dengan kulit yang gatal tadi.

Gatal Gatal pada Kulit

Penyebab dari gatal-gatal pada kulit banyak faktornya. Faktor penyebabnya bisa dikarenakan adanya penyakit kulit dan juga penyakit sistemik, dan bisa juga dikarenakan oleh beberapa hal, misalnya adalah gigitan serangga, kaligata, dermatitik atopik, dermatitis kontak, serta yang lainnya. Selain akibat penyebab diatas, gatal-gatal pada kulit juga dapat muncul karena adanya masalah alergi serta terjadinya kontak langsung pada bahan pakaian jenis tertentu misalnya adalah seperti wol dan juga yang lain sebagainya. Selain itu juga, cuaca yang terlalu panas dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit apalagi pada daerah yang lembab misalnya adalah didaerah selangkangan akibat keringat yang terlalu banyak.

Untuk membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit, maka Anda harus melakukan pengobatan dengan cara yang tepat. Jika Anda sudah mengetahui penyebab dari gatal-gatal ini, maka Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika kulit Anda meradang, maka pemberian krim serta lotion pelembab yang tidak berbau dan juga berwarna, karena zat pewarna serta aroma tambahan yang dapat menyebabkan iritasi di kulit serta menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Gatal-Gatal pada Kulit

Gatal-Gatal pada Kulit

Dibawah ini beberapa obat gatal-gatal pada kulit adalah :

  1. Lemon dan minyak kelapa
    Salah satu cara yang termudah dalam mengatasi gatal di kulit adalah memanfaatkan jeruk lemon serta minyak kelapa. Cara yang dilakukan adalah perasan dari jeruk lemon dicampurkan dengan perasan dari minyak kelapa. Dan cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan campuran tadi ke bagian kulit yang terasa gatal. Setelah itu biarkanlah semalaman dan tunggulah hingga gatal tadi berkurang dan kemudian menghilang.
  2. Kunyit
    Obat gatal tradisional gatal yang selanjutnya adalah kunyit. Kunyit bisa dipercaya dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah gatal-gatal pada kuit. Cara yang dilakukan adalah dengan menumbuk kunyit tadi menggunakan beberapa lembar daun sambiloto hingga halus.sebaiknya cucilah sampai bersih daun sambiloto serta kunyit supaya bisa menghindari terjadinya iritasi kuit.
  3. Lidah buaya
    kadang rasa gatal yang muncul karena alergi juga dapat menimbulkan munculnya bentol dan berisi dengan cairan, untuk gatal yang satu ini maka Anda dapat menggunakan lidah buaya supaya bisa mengatasinya. Tanaman lidah buaya adalah tanaman herbal yang sudah dipercaya sejak lama dapat membantu mengatasi bebagai macam keluhan penyakit kulit, baik untuk membantu masalah kulit gatal yang basah atau juga kering. Caranya adalah potonglah daun lidah buaya, dan setelah itu oleskanlah cairan atau juga gelnya pada bagian kulit yang mempunyai masalah. Anda juga bisa menyimpan sisa dari potongannya didalam freezer dan Anda dapat menggunakannya dilain hari. Simpanlah selama 1 minggu.
  4. Tanah liat
    Mungkin terdengar aneh mengobati gatal-gatal pada kulit menggunakan tanah liat. Namun cara ini ternyata memang sangat baik dalam membantu mengatasi masalah iritasi di kulit dan juga masalah gatal-gatal pada kulit. Yang paling utama adalah munculnya rasa gatal akibat dari gigitan serangga. Cara kerja tanah liar adalah dengan menarik racun yang ada didalam kulit sehingga rasa gatal dan rasa sakitnya akan semakin berkurang. Dan yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan tanah liat menggunakan air sehingga membentuk seperti selai kacang dan setengah lumpur. Setelah itu oleskanlah ke bagian yang mengalami gatal-gatal. Anda juga dapat menggunakan tanah liat yang dioleskan pada kain kasa terlebih dahulu, setelah itu ditutup pada bagian yang gatal tadi.
  5. Krim kortikosteroid
    Biasanya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, dokter akan memberikan krim kortikosteroid yang cara kerjanya dapat membantu untuk mengurangi terjadinya peradangan serta membantu mengendalikan gatal-gatal pada kulit. Namun jenis krim ini hanya dapat digunakan untuk jenis gatal-gatal pada daerah ang kecil saja. Dan selain itu uga bisa memberikan obat yang mengandung mentol, kamper, kamomil, atau lainnya.
  6. Antihistamin
    Penggunaan obat minum atau obat oral antihistamin yang bisa membantu mengurangi gejala gatal pada kulit, terapi obat gata ini efek sampingnya dapat menimbulkan kantuk. Untuk obaat antihistamin, maka biasanya tidak diberikan dalam bentuk krim oles karena efek sampingnya akan menyebabkan reaksi alergi.
  7. Jagalah kebersihan dengan baik
    Mandi 2 kali sehari, dan hindari lingkungan yang rentan menyebabkan berbagai penyakit muncul. Selain itu juga jagalah kondisi kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan. Bukan hanya kesehatan saja, namun untuk membantu memelihara kuit juga.

Itulah informasi mengenai gatal-gatal pada kulit, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Gatal-Gatal pada Kulit


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati Gatal-gatal Kulit & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gatal-Gatal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *